Sabtu, 14 Maret 2009

Google Adsense HPK (High Paying Keyword) tinggal dongeng masa lalu

Apakah Anda pernah membuat situs yang membahas HPK (high paying keyword) seperti mesothelioma, mesothelioma attorneys, insurance medical travel, heart insurance, register domain dll? HPK adalah nilai klik yang dhargai tinggi hingga bisa mencapai $70 per kliknya. Dengan iming - iming mendapat nilai klik yang sedemikian besar banyak publisher berburu HPK. Saya sendiri juga pernah membuat situs khusus tentang HPK yaitu mengenai travel insurance. Meskipun situs saya mengandung HPK akan tetapi nilai klik tidak pernah lebih dari $2 per kliknya.

Mulai dari sekarang lupakanlah HPK itu. Setelah Google mengeluarkan "smart pricing" atau harga pintar maka efeknya adalah sangat sedikit publisher adsense yang masih bisa menikmati HPK (high paying keyword). Dengan pengalaman yang cukup lama di bidang periklanan internet, Google akan memberikan harga klik setelah syarat tertentu terpenuhi. Jika dulu setiap klik langsung mendapat earning, sekarang hal itu tidak berlaku lagi. Saya pernah punya pengalaman sebagai berikut: Waktu saya buka account adsense saya mendapat laporan 12 klik dengan earning $2.86. Setelah sekitar 2 jam lalu saya cek account lagi ternyata saya mendapat laporan baru yaitu mendapat 28 klik, akan tetapi earning tetap $2.86. Saya jadi heran apa yang terjadi dengan Adsense hari ini? Apa mungkin Google Adsense sedang bermasalah? Tapi setelah sekitar 30 menit lalu saya refresh lagi dan laporan terakhir adalah 34 klik dan earning $7.26. Saya jadi penasaran dengan kejadian ini.

Lalu saya berusaha mencari jawaban di forum resmi adsense, hingga forum forum adsense dunia. Dan jawaban mereka adalah earning dibayar setelah situs atau blog advertiser ditutup oleh pengklik iklan. Jadi jika situs atau blog itu masih terbuka, maka kita belum mendapatkan bayaran. Dengan adanya script Google Adsense yang makin canggih itu maka harga akan disesuaikan dengan perilaku pengklik iklan. Sehingga nilai klik akan sangat rendah jika pengklik iklan langsung menutup halaman, menekan tombol back atau hanya mengunjungi halaman kurang dari 10 detik. Dengan adanya script canggih adsense itu, nilai klik yang tinggi sangat ditentukan oleh beberapa faktor yaitu:

  • Bagaimana pengunjung mendapatkan situs atau blog kita. Jika ia datang dari seaech engine nilai klik lebih tinggi daripada link yang berasal dari situs lain, social bookmark, e-mail, atau datang secara langsung dengan mengetikkan url dll. Usahakan untuk melakukan optimasi SEO sebaik mungkin.
  • Perilaku pengklik iklan. Nilai klik cenderung tinggi jika ia melakukan transaksi yang ditawarkan oleh pengiklan seperti membeli produk atau jasa, mendownload, menjadi member dll.
  • Sumber datangnya pengunjung. Selain 2 faktor di atas, zona atau negara yang klik iklan juga menentukan earning kita. Sudah menjadi rahasia umum bahwa China, India, Brazil, Indonesia, Thailand, Vietnam dan Philipina memiliki nilai klik yang rendah kecuali jika melakukan transaksi.

Kesimpulan dari uraian di atas adalah apakah Anda masih tertarik untuk berburu HPK? Komentar, pengalaman dan pertanyaan saya tunggu di form komentar.

Label:

2 Komentar:

Anonymous toko online mengatakan...

tips yang menarik :)

6 April 2009 pukul 19.23  
Anonymous HPK Articles mengatakan...

HPK masih perlu, tapi dgn perubahan arti. hpk sekarang diartikan sebagai nilai maksimal, minimalnya ya tetap $0,01. jadi lbh baik kita pake artikel yg mengandung hpk yg tinggi sekalian dari pada hpk yg rendah dgn harapan bisa dapat nilai maksimalnya

4 Mei 2009 pukul 04.57  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda