Minggu, 15 Maret 2009

Membuat telur asin sendiri ternyata mudah

Makanan telur asin sangat enak dimakan bersama makanan atau buat camilan. Tahukah Anda ternyata proses pembuatan telur asin sangat sederhana dan tidak membutuhkan keahlian khusus apalagi modal besar. Berikut adalah tips cara membuat telur asin sendiri.

Bahan utama adalah telur bebek, hal ini karena cangkang telur bebek lebih keras dan tebal dari telur yang lain. Selain itu rasa telur bebek jauh lebih gurih dan akan tetapi daya tahannya sangat singkat kurang dari sebulan. Sehingga jika telur bebek berumur lebih sebulan bisa dipastikan akan busuk. Sehingga pengawetan terbaik telur bebek adalah dengan proses pembuatan telur asin. Bahan yang lain adalah bubukan bata merah dan garam dapur. Berikut detail ukuran dan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat telur asin:
BAHAN:
- Telur bebek 50 butir
- Garam dapur 0,5 kg
- Batu bata yang telah dihaluskan 1,5 kg
- Air secukupnya

Tata cara pembuatan telur asin:

  • Cuci bersih telur bebek tiriskan hingga kering.
  • Buat adonan batu bata dengan mencampur batu bata, garam dapur dengan air. Ratakan campuran itu secukupnya hingga campuran basah semua tapi jangan terlalu lembek.
  • Lapisi seluruh permukaan telur bebek dengan campuran batu bata dan garam setebal 0,5 cm.
  • Biarkan telur dan campuran itu selama 15 - 18 hari.
  • Setelah 15 - 18 hari buka adonan yang membungkus telur dan cuci hingga bersih.
  • Rebus telur dalam panci tertutup hingga matang. Dan biarkan telur tetap terendam dalam panci yang tertutup itu sekitar 30 menit. Agar telurnya benar - benar matang.
  • Ambil telur, cuci bersih lagi dan telur siap dihidangkan atau dijual.

Tips pembuatan telur asin agar lebih berkualitas:
Agar memiliki kualitas yang baik, pilih telur bebek yang masih segar baru berumur 2 hari jika sudah lewat 10 hari sebaiknya tidak diolah menjadi telur asin, selain itu tidak ada telur bebek yg retak, pecah atau lembek. Gunakan garam beryodium, karena zat yodium juga akan meresap ke telur sehingga berguna bagi kesehatan. Semoga tips membuat telur asin di atas dapat berguna. Selamat mencoba.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda